Breaking News:

Berita Batang

Batang Berduka. Ketua PD Muhammadiyah sekaligus Mantan Sekda Batang Nasikhin Berpulang

Duka tengah dirasakan masyarakat Kabupaten Batang. Mantan Sekda Kabupaten Batang sekaligus ketua PD Muhammadiyah Batang Nasikhin, berpulang.

Penulis: dina indriani | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/Dok Diskominfo Batang
Proses pemakaman mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batang sekaligus Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Nasikhin di TPU Sekalong Karangasem Selatan, Minggu (18/7/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, BATANG - Duka tengah dirasakan masyarakat Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batang sekaligus Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Batang, Nasikhin, berpulang pada Minggu (18/7/2021).

Nasikhin tutup usia pukul 02.00 WIB dini hari saat menjalani perawatan di Rumah Sakit QIM.

Sebelum dimakamkan, jenazah disalatkan di halaman Masjid Nurul Huda Proyonanggan Selatan, dengan imam salat Ali Trigiyatno dan dihadiri Wakil Bupati Batang Suyono serta pejabat dan pengurus PD Muhammadiyah.

Jenazah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sekalong Karangasem Selatan pukul 13.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Baca juga: 14 Lokasi di Batang Ini Gelap Gulita saat Pukul 20.00-06.00 WIB, Imbas Pemadaman PJU selama PPKM

Baca juga: Tambah Penghasilan di Tengah Pandemi Covid, Ibu-ibu di Kandeman Batang Kelola Bank Sampah

Baca juga: Kasus Covid Melonjak, Penjualan Minuman Rempah dan Empon-empon di Batang Meningkat

Baca juga: Sepasang Kekasih Tewas, Motor yang Dikendarai Tergelincir ke Jurang di Jalur Bawang-Dieng di Batang

Bendahara PD Muhammadiyah Agus Nugroho mengatakan, selama menjabat sebagai Ketua PD Muhammadiyah, almarhum selalu memegang teguh komitmen dalam berdakwah.

"Di perserikatan Muhammadiyah itu adalah sebuah lembaga yang bukan bergantung personal tetapi secara kebersamaan. Maka, dalam kepemimpinan di Muhammadiyah semua harus bergerak demi kelangsungan organisasi tersebut, termasuk kiprahnya di tengah masyarakat," tutur Agus Nugroho, Minggu.

Dalam bidang kemasyarakatan, Nasikhin dinilai konsisten melayani meskipun saat bersamaan menjadi pejabat di pemerintahan.

"Setiap ada kepentingan umum, utamanya umat Islam, lewat Perserikatan Muhammadiyah, beliau selalu tampil dan berada di tengah-tengah masyarakat," jelasnya.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, selama tiga tahun mendampinginya sebagai sekda, Nasikhin banyak membantu dan berjuang bersama untuk Batang.

Ia juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kontribusi almarhum selama berbakti sebagai ASN di Kabupaten Batang.

"Saya tahu persis, banyak hal yang telah diperjuangkan beliau selaku Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun selaku Ketua PD Muhammadiyah, kontribusinya dalam kebijakan e-Hibah Bansos, memberikan keteladanan dan kesederhanaan, beliau tunjukkan kepada kita semua," ujarnya.

Baca juga: Harga Emas Antam di Pegadaian Pagi Ini, Senin 19 Juli 2021: Rp 982.000 Per Gram

Baca juga: Cuaca Purbalingga Hari Ini, Senin 19 Juli 2021: Hujan Diperkirakan Turun saat Malam Hari

Baca juga: Cuaca Purwokerto Hari Ini, Senin 19 Juli 2021: Siang Hari Diperkirakan Berawan

Termasuk kiprah Nasikhin, lanjut dia, sebagai Ketua PD Muhammadiyah yang setiap Minggu pagi menyampaikan tausiah, khotbah Jumat, hingga saksi dan memberi khotbah nikah.

"Saya, beserta seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten Batang, saat ini berduka dan merasa kehilangan beliau. Semoga, amal baik beliau yang selama ini telah dilakukan, bisa kita lanjutkan dan menjadi bekal almarhum di alam barzah yang insyaallah diterima Allah SWT dengan husnul khotimah," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved