Breaking News:

Berita Banyumas

Pemkab Banyumas Terima Bantuan 142 Unit Peti Jenazah, Wabup: Kita Saling Menguatkan di Tengah Wabah

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas menerima bantuan peti jenazah bagi pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/DOK HUMAS PEMKAB BANYUMAS
Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono (dua dari kanan), menerima secara simbolis bantuan peti jenazah dari REI Banyumas di Halaman Pendopo Si Panji Banyumas, Kamis (15/7/2021). Dalam waktu yang sama, pemkab banyumas juga menerima bantuan serupa dari berbagai yayasan, pengusaha, serta perorangan untuk membantu memenuhi kebutuhan peti jenazah bagi pasien Covid-19 yang meninggal 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas menerima bantuan peti jenazah bagi pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Tak hanya dari pengusaha, bantuan juga datang dari yayasan dan perorangan yang merespon lonjakan kasus kematian akibat Covid-19.

Sejak serangan gelombang kedua Covid-19, Pemkab Banyumas kewalahan memenuhi kebutuhan peti jenazah pasien Covid-19 lantaran banyaknya kasus.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono, di Halaman Pendopo Si Panji Banyumas, Kamis (15/7/2021).

Baca juga: Kasus Kematian akibat Covid Melonjak, Pemkab Banyumas Minta Pengusaha Sumbang Peti Mati

Baca juga: Bantu PKL Taati Jam Malam, Anggota Polresta Banyumas Borong Gorengan dan Makanan di Angkringan

Baca juga: Penyekatan di Banyumas Diperketat, Pekerja Esensial Wajib Tunjukkan SRTP dan Sertifikat Vaksin

Baca juga: Tiga Pemuda di Banyumas Dibekuk Polisi, Peras dan Todongkan Pisau ke Korban di Dekat Unwiku

Bantuan peti jenazah tersebut di antaranya berasal dari Yayasan Al Irsyad Purwokerto sebanyak 50 unit, REI Komisariat Banyumas Raya sebanyak 40 unit, Pengembang Griya Satria sebanyak 20 unit, Rotary Of Purwokerto 12 unit, Baznas Banyumas 10 unit, dan keluarga Abu Bakar Sidik Patikraja sebanyak 10 unit.

Sebelumnya, Kagama 4x4 Adventure juga membantu sebanyak 10 peti jenazah.

Wakil Bupati Banyumas Sadewo mengatakan, dalam masa kedaruratan kesehatan akibat wabah Covid-19 ini, perlu adannya gotong royong antara semua elemen untuk membantu keluarga yang kehilangan anggota mereka akibat covid-19.

Sadewo mengatakan, pemkab sengaja menggalang bantuan untuk pengadaan peti jenazah bagi pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Pasalnya, sejumlah rumah sakit mulai kewalahan menyediaakan peti jenazah saking banyaknya pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

"Kita harus saling menguatkan di tengah wabah Covid-19, semua elemen masyarakat bersama pemerintah saling bahu membahu. Saya, atas nama pemerintah Kabupaten Banyumas, mengucapkan terima kasih kepada donatur yang telah memberikan bantuan. Semoga, ini dapat bermanfaat bagi warga yang membutuhkan," katanya Sadewo lewat rilis yang diterima, Jumat (16/7/2021).

Baca juga: KABAR DUKA: Ayah Bupati Banjarnegara, Soegeng Budhiarto, Tutup Usia

Baca juga: Waspada! WHO Peringatkan Munculnya Varian Baru Virus Corona yang Lebih Berbahaya

Baca juga: Polisi Tangkap Warga Bongkok Tegal, Temukan 4 Pot Tanaman Ganja Disimpan di Kamar

Baca juga: Pemerintah Imbau Warga Tak Mudik Iduladha karena Covid, Menag: Kami Minta Masyarakat Bersabar

Sadewo mengatakan, rata-rata, tim pemakaman yang dikomandoi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), memakamkan 30 atau lebih jenazah pasien Covid-19 per hari.

Sementara, Nugroho Adi Wibowo, wakil dari keluarga Bani Abu Bakar Sidik asal Patikraja, mengaku tergerak dan tanggap terhadap kondisi peningkatan banyaknya orang meninggal karena Covid-19.

Sehingga, atas rembug keluarga, pihaknya sepakat membantu menyediakan 10 unit peti jenazah.

"Tanggap terhadap bencana Covid-19, kami turut membantu peti jenazah untuk membantu keluarga yang membutuhkan. Semoga, ini menjadi motivasi berbagai pihak untuk saling membantu," tambahnya. (Tribunbanyumas/jti)

Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved