Breaking News:

Penanganan Corona

Mulai Besok, Warga Positif Covid di Kudus yang Jalani Isolasi Mandiri di Rumah Dipindah ke Donohudan

Satgas Covid-19 Kudus berencana memindahkan warga yang menjalani isolasi mandiri di rumah ke Asrama Haji Donohudan Boyolali.

TRIBUNBANYUMAS.COM, KUDUS – Satgas Covid-19 Kudus berencana memindahkan warga yang menjalani isolasi mandiri di rumah ke Asrama Haji Donohudan Boyolali. Isolasi terpusat ini diharapkan efektif menekan penularan virus SARS-CoV-2 di wilayah tersebut.

"Untuk isolasi mandiri yang di rumah, segera akan dievakuasi untuk isolasi terpusat, tidak boleh isolasi di rumah. Rencana, kami pindah ke Donohudan," ujar Bupati Kudus HM Hartopo seusai bertemu Panglima TNI dan Kapolri di Command Center Pemkab Kudus, Minggu (6/6/2021).

Hartopo mengatakan, ada seribu lebih warga Kudus yang saat ini masih menjalani isolasi mandiri. Meski begitu, tidak semua akan dipindah ke Donohudan.

"Di sana (Donohudan), kapasitasnya ada 700-an. Nanti, sisanya kami optimalkan di sini, kan masih ada juga (tempat isolasi). Tapi, terutama ditaruh di sana dulu karean fasilitas yang komplit, di sana ada dokter spesialis, dokter umum, perawat, tempatnya juga lebih enak," kata Hartopo.

Hartopo menargetkan, evakuasi warga positif Covid-19 akan dimulai Senin (7/6/2021).

"Isnyaallah, mulai besok. Makanya, kami percepat, kami mau rapat koordinasi dulu," ujar dia.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan, pihaknya membuka dua tempat isolasi. Pertama, di Asrama Haji Donohudan Boyolali dan di kampus BPSDMD Srondol Kota Semarang.

"Kapasitasnya cukup banyak, yang di Donohudan sekitar 800-an dan di Srondol, bisa sekitar 350-an. Hari ini sudah kami siapkan semua petugas, personel, untuk menerima evakuasi dari Kudus," kata dia.

Saat ini, kata dia, Asrama Haji Donoduhan ditempati 109 warga yang positif Covid-19 dari Solo Raya. Artinya, masih mampu menampung 700-an warga positif Covid-19.

Sedangkan warga Kudus yang akan dievakuasi ke asrama haji, yakni sebanyak 300-an.

Halaman
12
Penulis: Rifqi Gozali
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved