Breaking News:

Penanganan Corona

Bupati Kudus Imbau Warga Lapor ke Satgas Covid Tingkat Desa saat Kedatangan Tamu dari Luar Daerah

Bupati Kudus HM Hartopo mengimbau warga melapor ke Satgas Covid di desa setempat, saat kedatangan sanak saudara dari perantauan.

TRIBUNBANYUMAS/Diskominfo Kudus
Bupati Kudus HM Hartopo menyalurkan bantuan ke Ponpes An-Nur Hadipolo senilai Rp 5 juta, dalam tarawih keliling (tarling) di Masjid Baiturrahmah, Desa Honggosoco, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jumat (23/4/2021) malam. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, KUDUS - Bupati Kudus HM Hartopo mengimbau warga melapor ke Satgas Covid di desa setempat, saat kedatangan sanak saudara dari perantauan.

"Tujuannya, agar bisa dilakukan skrining di puskesmas terdekat," ujar Hartopo saat melaksanakan tarawih keliling (tarling) di Masjid Baiturrahmah, Desa Honggosoco, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jumat (23/4/2021) malam.

‎Menurutnya, upaya tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus.

Pihaknya meminta lingkungan RT dan RW bisa bekerjasama ikut terlibat membantu ‎memberikan informasi.

"Dalam hal ini, RT/RW agar dapat melakukan skrining di Puskesmas terdekat. Jika tak terindikasi gejala covid maka aman. Namun, jika terindikasi, kami dari Pemkab Kudus telah mempersiapkan pusat kesehatan untuk pemulihan," ungkapnya.

Baca juga: 450 Pengendara Kena Tilang Elektronik di Kudus, Mayoritas Tak Pakai Helm dan Berboncengan Tiga

Baca juga: Sajadah Motif Batik Kudus Mulai Diburu, Paling Laku Bermotif Parijoto Dilengkapi Kaligrafi

Baca juga: Gudang Kapuk di Kandangmas Kudus Terbakar, Api Diduga dari Petasan

Dalam kesempatan itu, Bupati Hartopo juga kembali mengingatkan jemaah masjid agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Untuk menghindari penyebaran klaster baru di lingkungan keluarga maupun lingkungan masjid, kami imbau agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) setiap beraktivitas," ucapnya.

Hartopo menilai, prokes yang diterapkan pengurus Masjid Baiturrahmah telah berjalan baik. Karenanya, dia memberikan apresiasi.

"Apresiasi atas kedisiplinan protokol kesehatan yang ada di masjid ini, mulai dari penyediaan thermogun, handsanitizer, serta pengaturan physical distancing, juga adanya satgas untuk mengontrol kedisiplinan jemaah dalam penerapan prokes," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, turut pula diserahkan hibah sarpras peribadatan dan pendidikan keagamaan senilai Rp 125 juta serta pentasyarufan penerima manfaat Baznas berupa pembangunan Ponpes An-Nur Hadipolo senilai Rp 5 juta.

Kemudian, santunan fakir miskin penerima Mustahiq Zakat Baznas sebanyak 204 orang dengan nominal Rp 40,8 juta.

Serta, penyerahan santunan anak yatim piatu se-Kecamatan Jekulo, sebanyak 323 orang, dengan nominal Rp 80,7 juta.

"Semoga, lewat bantuan yang diberikan ini, baik bantuan dari APBD maupun dari Baznas, dapat memberikan kemanfaatan bagi penerimanya. Semoga, setiap langkah mulia yang kita lakukan, bernilai ibadah," ujarnya.

Baca juga: Emak-emak Warga Pandean Lamper Semarang Dijambret saat Menyapu Halaman, Pelaku Terekam CCTV

Baca juga: JADWAL Salat dan Buka Puasa Ramadan Hari Ke-13 di Purbalingga, 25 April 2021

Baca juga: JADWAL Salat dan Buka Puasa Ramadan Hari Ke-13 di Banyumas, 25 April 2021

Sementara itu, Abdul Malik, Takmir Masjid Baiturrahmah mengucapkan terima kasih atas perhatian dari pemkab Kudus yang telah memberikan hibah sarpras peribadatan.

"Terima kasih atas perhatian dari Pemkab Kudus atas perhatiannya kepada tempat ibadah kami, dengan memberikan hibah sarpras. Akan kami alokasikan hibah ini untuk melanjutkan pembangunan di lantai dua. Semoga, hibah ini dapat bermanfaat bagi umat," ucapnya.‎ (Raka F Pujangga)

Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved