Breaking News:

Berita Purbalingga

Lantik 139 Pejabat Fungsional, Bupati Purbalingga Ingatkan ASN Harus Inovatif dan Kreatif

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi meminta ASN di lingkungan pemkab berpikir kreatif dan inovatif dalam menyikapi keterbatasan.

TRIBUNBANYUMAS/Istimewa
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengambil sumpah 139 Aparatur Sipil Negara (ASN) pejabat fungsional di Lingkungan Pemkab Purbalingga, di Pendopo Dipokusumo, Rabu (21/4/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURBALINGGA - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi meminta aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemkab berpikir kreatif dan inovatif dalam menyikapi keterbatasan.

Hal ini disampaikan Tiwi, sapaan bupati, saat mengambil sumpah 139 pejabat fungsional di lingkungan Pemkab Purbalingga di Pendopo Dipokusumo, Rabu (21/4/2021).

Tiwi mengatakan, ke depan, inovasi akan jadi bahan penilaian kinerja instansi dan kepegawaian.

"Saya paksa memang seluruh OPD untuk bisa memulai inovasi. Minimal 1 OPD, 1 Inovasi. Bantu pimpinan OPD untuk kejar target yang ditentukan," katanya dalam rilis yang diterima, Kamis (22/4/2021).

Baca juga: Bantu Kembalikan Aset Eks Rumah Dinas Sekda ke Pemkab, Kejari Purbalingga Diganjar Penghargaan

Baca juga: JADWAL Salat dan Buka Puasa Ramadan Hari Ke-10 di Purbalingga, 22 April 2021

Baca juga: Sebulan, 5 Pemuda di Purbalingga Diamankan. Terlibat Jual Beli Penggunaan Narkoba dan Psikotropika

Baca juga: Batal Diresmikan 22 April 2021, Pembangunan Terminal Bandara JB Soedirman Purbalingga Masih Dikebut

Karenanya, Tiwi meminta agar ASN tidak terjebak kegiatan rutinitas. Terutama, di tengah keterbatasan, ASN dituntut berpikir out of the box.

Bupati berpesan kepada para terlantik bahwa sesuai Undang-undang, ASN memiliki 3 fungsi, pertama, sebagai Pelayan Publik.

"Sudah tidak zamannya, ASN sebagai priyayi. Tapi, saatnya turun ke bawah mengetahui permasalahan," katanya.

Kedua, Fungsi Pelaksana Kebijakan Publik. Terkait hal ini, ASN wajib tegak lurus, mulai dari kebijakan pusat, provinsi, maupun kabupaten. Bisa selalu seiring sejalan dengan pemerintah.

"Ketiga, fungsi perekat dan pemersatu bangsa. Saat ini, dihadapkan tantangan salah satunya terorisme atau intoleransi yang bertujuan memecah belah persatuan bangsa. ASN harus bisa sebagai perekat dan pemersatu bangsa, menciptakan suasana yang kondusif bukan sebagai provokator," katanya.

Menurutnya, sebagai bagian dari birokrasi, Pemkab Purbalingga adalah satu tubuh, satu keluarga. Karenanya, setiap bagian tidak bekerja sendiri melainkan dalam team work.

Dalam kesempatan itu, Tiwi juga berpesan agar ASN selalu menjaga citra positif dan menjadi teladan baik di lingkungan.

Saat ini, Pemkab Purbalingga sedang diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dia pun berharap, Purbalingga kembali mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) seperti yang telah empat kali berturut-turut diperoleh.

Baca juga: Polresta Banyumas Gelar Razia Petasan di Seluruh Kecamatan, Imbas Petasan Meletus di Wangon

Baca juga: Hanya Dimasak di Rice Cooker, Nasi Ayam Jamur Ini Bisa Jadi Menu Sahur Praktis. Ini Resepnya

Baca juga: Bantu Kembalikan Aset Eks Rumah Dinas Sekda ke Pemkab, Kejari Purbalingga Diganjar Penghargaan

Baca juga: Diduga Terpeleset, Warga Salakbrojo Pekalongan Ditemukan Mengambang di Sumur Rumah Cucu

"Kita harus bisa meraih WTP yang kelima kalinya. Saya tekankan, apapun terkait penggunaan anggaran, ke depan harus bisa clear, jangan sampai jadi masalah di kemudian hari," tegasnya.

Adapun 139 Pejabat fungsional yang diambil sumpah jabatannya tersebut menempati 19 macam jabatan, diantaranya, guru sebanyak 48 orang, dokter 14 orang, dokter gigi 8 orang, perawat 27 orang, dan penata anastesi 4 orang.

Kemudian, bidan 3 orang, sanitarian 4 orang, administrator kesehatan 5 orang, epidemolog kesehatan 4 orang, analis kepegawaian 3 orang, penera 5 orang, auditor 1 orang, pengawas pemerintahan 1 orang, medik veternier 1 orang, penilik 1 orang, pranata humas 1 orang, pustakawan 1 orang, dan perencana 1 orang. (Tribunbanyumas/jti)

Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved