Berita Tegal

Bisa Dicontoh, Karang Taruna Kabupaten Tegal Sulap Saluran Irigasi Jadi Lokasi Budi Daya Ikan Nila

Saluran irigasi sekunder di Desa Kaligayam, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, disulap jadi tempat budi daya ikan air tawar jenis nila.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/DESTA LEILA KARTIKA
Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dewi Aryani, membersihkan aliran sungai di Desa Kaligayam, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, Minggu (21/2/2021). Sungai yang telah bersih selanjutnya digunakan sebagai tempat budidaya ikan nila. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, SLAWI - Saluran irigasi sekunder di Desa Kaligayam, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, atau lebih dikenal sebagai aliran Sungai Perpil, disulap sebagai tempat budi daya ikan air tawar jenis nila. Tahap awal, luas yang dimanfaatkan sekitar 100 meter.

Ide membersihkan aliran Sungai Perpil yang kemudian dimanfaatkan untuk lokasi budi daya ikan air tawar, diinisiasi anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Dewi Aryani, bersama anggota karang taruna Kabupaten Tegal.

Penyebaran bibit ikan nila sekaligus giat bersih-bersih sungai dilaksanakan Minggu (21/2/2021), bersama kader partai, tokoh masyarakat, dan warga sekitar.

Dewi Aryani mengatakan, giat bersih-bersih sungai dan dimanfaatkan untuk budi daya ikan di Kaligayam ini diharapkan berlanjut ke seluruh kecamatan di Kabupaten Tegal.

"Aliran sungai yang sudah dibersihkan ini nantinya dibangun pembatas yang dipergunakan sebagai tempat untuk budi daya ikan nila. Luasnya, kurang lebih, sekitar 100 meter," kata Dewi.

Baca juga: Kecelakaan Maut di Brebes, Pasutri Warga Kabupaten Tegal Ini Tewas Seketika Seusai Terlindas Truk

Baca juga: Pemkab Tegal Gelar Doa Bersama, Memohon Keselamatan Bangsa dari Pandemi Covid dan Bencana Alam

Baca juga: Razia Lapas Tegalandong Slawi, Tim Gabungan Temukan Pisau dan Handphone

Baca juga: Warga Kabupaten Tegal Ini Bikin Miniatur Kapal Bajak Laut, Hasil Menyulap Bambu Sisa Proyek Bangunan

"Dan, hari ini, simbolis, kami sebar bibitnya. Kalau semua sudah siap, sebanyak 15 ribu-20 ribu bibit ikan nila akan disebar," imbuhnya.

Melalui giat ini, Dewi juga ingin mengedukasi anggota Karang Taruna Kabupaten Tegal agar tidak hanya fokus pada kegiatan olahraga dan kesenian.

Tapi, juga harus memperhatikan kondisi lingkungan sekitar dan memanfaatkannya secara baik.

Terlebih, di kondisi saat ini, banyak bencana alam terjadi, di antaranya banjir, serta tanah longsor.

"Menjaga lingkungan adalah tugas kita bersama, karena terjadinya bencana alam dipicu lingkungan yang sudah rusak. Penyebabnya, ya kembali ke manusia nya," ujarnya.

"Sehingga, mari bersama menjaga lingkungan. Karena, lingkungan yang sehat, nyaman, aman, otomatis masyarakatnya juga akan lebih sehat dan bisa memanfaatkan sumberdaya alam nya juga," imbuh dia.

Tidak hanya kerja bakti membersihkan sungai dan budi daya ikan nila, Dewi juga membagikan paket sembako kepada janda tua dan warga yang tidak mampu di Desa Kaligayam.

Ia berharap, bantuan tersebut dapat sedikit menghibur mereka yang saat ini masih dalam kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Ini merupakan program pertama. Berikutnya, setelah Desa Kaligayam, Kecamatan Talang, akan berlanjut ke Desa Cawitali, Kecamatan Bumijawa," katanya.

Baca juga: Alun-alun Simpang Tujuh Kudus Ditata Ulang, PKL Bakal Direlokasi ke Wahid Hasyim dan Pangeran Puger

Baca juga: PPKM Mikro Diperpanjang hingga 8 Maret, Ada Bantuan Beras 20 Kg bagi Warga Isolasi Mandiri di Rumah

Baca juga: Terpilih secara Aklamasi, Candra Saputra Resmi Jabat Ketua Askab PSSI Pekalongan Periode 2021-2025

Baca juga: Mobil Suzuki Ertiga Keluar Jalur Tol Pekalongan-Batang KM 331+400, 2 Bulan Sudah 3 Kali Kecelakaan

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved