Breaking News:

Berita Banyumas

Salurkan CSR, BPR BKK Purwokerto Belikan Sebidang Tanah bagi 2 Korban Longsor Sungai Pelus Banyumas

BPR BKK Purwokerto membelikan sebidang tanah untuk dua kepala keluarga korban tanah longsor Kali Pelus di Desa Ledug, Kecamatan Kembaran, Banyumas.

TRIBUNBANYUMAS/Istimewa
Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono (kiri) didampingi Direktur BKK Sugeng Prijono (tengah), memberikan bantuan kepada perwakilan korban longsor Sungai Pelus, di Balai Desa Ledug, Kecamatan Kembaran, Kamis (11/2/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Perseroan Terbatas (PT) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) BKK Purwokerto membelikan sebidang tanah untuk dua kepala keluarga korban tanah longsor Kali Pelus di Desa Ledug, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas.

Bantuan ini merupakan program Corporate Social Reponsibility (CSR) PT BPR BKK senilai Rp 24 juta.

Bantuan diserahkan Wakil Bupati Banyumas Sadewo Trilastiono didampingi Direktur BKK Sugeng Prijono, kepada perwakilan korban longsor, yaitu Supomo dan Sartono, di balai desa setempat, Kamis (11/2/2021).

Sebelumnya, rumah dua warga Desa Ledug tersebut tergerus aliran Sungai Pelus sehingga perlu direlokasi.

Terkait bantuan ini, Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono menyampaikan terima kasih atas kepedulian PT BPR BKK Purwokerto terhadap korban tanah longsor.

Arus Sungai Pelus Terjang Rumah di Desa Ledug Banyumas, Suami Istri Penghuni Rumah Sempat Hanyut

4 Rumah di Arcawinangun Banyumas Ambrol Terbawa Arus Sungai Pelus, 9 KK Mengungsi

Data BPBD Banyumas, 22 Rumah di Atas Tebing Sungai Pelus di 2 Desa Terancam Ambrol

Bupati Banyumas Tidak Larang Warga Liburan Saat Imlek: Pergi Saja, Penting Bisa Jaga Diri

Bantuan senilai Rp 24 juta itu digunakan untuk membeli tanah seluas 14 ubin di desa Sambengwetan, Kecamatan Kembaran, sebagai lokasi relokasi.

"Terima kasih kepada PT BPR BKK yang telah memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat melalui program CSR. Apalagi, pemkab kesulitan menganggarkan untuk pembelian tanah relokasi," ujar Sadewo dalam rilis yang diterima Tribunbanyumas.com, Jumat (12/2/2021).

Sadewo mengakui, dirinya hanya memfasilitasi pemberian bantuan kepada enam kepala keluarga (KK) yang rumahnya tergerus Sungai Pelus.

Dari keenam kepala keluarga tersebut, satu orang mendapat bantuan dari pemerintah provinsi, tiga orang punya lahan relokasi, dan dua orang lain dibelikan lahan oleh BPR BKK seluas 14 ubin, masing-masing 7 ubin.

Lima warga ini, nanti akan mendapat bantuan material pembangunan rumah, masing-masing senilai Rp 30 juta dari BPBD Kabupaten Banyumas.

Dibantu dari Universitas Muhamadiah Purwokerto untuk ongkos tukang, masing-masing Rp 5 juta.

Sementara itu Direktur Utama PT BPR BKK Purwokerto Sugeng Prijono mengungkapkan, sebelumnya, pihaknya telah melakukan survey ke lokasi bencana dan berkoordinasi dengan wakil bupati, camat, dan kepala desa.

Menurutnya, dua warga yang menjadi korban tanah longsor layak mendapatkan bantuan.

Gara-gara 3 Kaleng Cat, 2 Tetangga di Purbalingga Ini Tak Bertegur Sapa. Begini Akhir Kisah Mereka

Cek Longsor di Padureso Kebumen, Mensos Risma Minta Pemkab Pertimbangkan Opsi Relokasi

Cara Panti Pamardi Raharjo Melindungi Penghuni dari Covid: Senam Pagi dan Rutin Mengonsumsi Vitamin

Selama PPKM Mikro, Bupati Tegal Umi Azizah Minta Ada Posko Covid di Tingkat RT dan RW

Untuk itu, melalui program CSR PT BPR BKK Kita peduli, kedua korban tersebut mendapat bantuan lahan senilai Rp 24 juta untuk pengadaan tempat relokasi.

"Bantuan kali ini senilai Rp 24 juta untuk pengadaan tanah relokasi," ungkapnya.

Sugeng menambahkan, tahun 20218, bantuan serupa pernah diberikan PT BPR BKK kepada warga Ajibarang yang tinggal di kuburan. Pihaknya membelikan tanah di Desa Pandansari sebagai lokasi relokasi.

Menurutnya, CSR BPR BKK Purwokerto setiap tahunya menggelontorkan dana Rp 800 juta hingga Rp 900 juta kepada warga yang membutuhkan.

Tahun 2020, melalui program CSR PT BPR BKK Kita Peduli, penyaluran CSR untuk membantu penangangan Covid-19, di antaranya pemberian APD untuk tim medis, nasabah, pedagang di pasar, dalam bentuk pemberian masker dan hansanitizer. (Tribunbanyumas/jti)

Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved