Breaking News:

Berita Tegal

Tambah 36 Ruang Isolasi, RSUD Kardinah Tegal Pindahkan Pasien Suspek Covid-19 dari Tenda Darurat

Kebijakan itu diambil setelah pihak rumah sakit menyiapkan tambahan 36 ruang isolasi baru dan memindahkan ruang screening pasien ke ruang HCU.

KOMPAS.com/Tresno Setiadi
Sejumlah pasien yang mengarah ke suspect Covid-19 menjalani perawatan di tenda darurat RSUD Kardinah Kota Tegal, Senin (16/11/2020). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, TEGAL - Manajemen RSUD Kardinah Kota Tegal, Jawa Tengah, memutuskan membongkar tenda darurat atau Posko Triase IGD yang semula untuk screening pasien yang mengarah ke suspect (terduga) Covid-19.

Kebijakan itu diambil setelah pihak rumah sakit menyiapkan tambahan 36 ruang isolasi baru dan memindahkan ruang screening pasien ke ruang High Care Unit (HCU) yang disiapkan menyusul lonjakan kasus Covid-19 akhir-akhir ini.

"Di ruang Lavender sudah kami tambah 36 ruang isolasi. Tenda untuk screening sudah ditiadakan. Pasien yang akan discreening sudah dipindahkan ke ruang HCU," kata Plt Direktur RSUD Kardinah dr Heri Susanto kepada Kompas.com, Jumat (20/11/2020).

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Ruang Isolasi Rumah Sakit di Kabupaten Tegal Juga Sudah Over Kapasitas

Baca juga: Sebulan Capai 466 Kasus, Klaster Keluarga Dominasi Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tegal

Baca juga: IDI Kota Tegal: Kasus Terus Melonjak, Mungkin Masyarakat Salah Mengartikan New Normal

Baca juga: Kasus Covid-19 Masih Tinggi di Kota Tegal, Imunisasi Campak Tetap Digelar Rutin, Ini Alasannya

Heri mengatakan, dengan adanya penambahan 36 ruang isolasi baru, maka jumlah total ruang isolasi di rumah sakit lini pertama penanganan Covid-19 itu berjumlah 93 ruang isolasi.

"Mudah-mudahan ini sudah tidak menimbulkan polemik. Ada 65 pasien yang diisolasi mulai dari suspect dan terkonfirmasi positif Covid-19," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah pasien yang mengarah ke suspect Covid-19 di RSUD Kardinah Kota Tegal, Jawa Tengah, terpaksa dirawat di tenda darurat rumah sakit setempat, Senin (16/11/2020).

Plt Direktur RSUD Kardinah dr Heri Susanto mengatakan, kebijakan itu diambil rumah sakit karena 57 ruang isolasi yang disediakan telah terisi penuh.

"Di tenda khusus pasien yang mengarah ke suspect Covid-19. Ada 6 pasien sekarang di tenda," kata Heri.

Heri mengatakan, tenda darurat atau Posko Triase yang berada di dekat IGD memang sudah lama didirikan untuk menampung lonjakan pasien.

"Pasien awal masuk di IGD untuk screening. Kalau mengarah ke suspect, sekarang ini diarahkan ke tenda untuk pemeriksaan lanjutan. Kalau pasien biasa langsung ke ruang perawatan," kata Heri.

Baca juga: TNGM: Peningkatan Aktivitas Gunung Merapi Belum Pengaruhi Satwa

Baca juga: 278 Karyawan di Pemalang Positif Covid-19, Satgas Rekomendasikan Penutupan Sementara Perusahaan

Baca juga: Alhamdulillah, Subsidi Gaji Termin II bagi Pekerja Swasta di Banyumas Mulai Disalurkan

Baca juga: Prajurit TNI Turunkan Baliho Bergambar Rizieq Shihab, Pangdam Jaya: Itu Perintah Saya

Heri mengatakan, pihaknya berencana menambah ruang isolasi setelah 57 ruang isolasi yang disediakan sudah terisi penuh untuk merawat pasien.

"Info pagi tadi ruang isolasi semua sudah terisi. Mudah mudahan kalau ada yang pulang nanti bisa diisi dari pasien yang ditenda. Sekarang juga sedang kita pikirkan untuk menambah ruang isolasi baru lagi," kata Heri. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tambah 36 Ruang Isolasi dan Siapkan HCU, RSUD Kardinah Tegal Bongkar Tenda Screening".

Editor: rika irawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved