Breaking News:

Berita Pemalang

278 Karyawan di Pemalang Positif Covid-19, Satgas Rekomendasikan Penutupan Sementara Perusahaan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, mencatat, 278 orang terkonfirmasi Covid-19 di wilayah tersebut berstatus karyawan perusahaan.

TRIBUN BANYUMAS/AGUS ISWADI
ILUSTRASI. Petugas medis mengambil sampel dalam tes swab terhadap warga di Kabupaten Karanganyar, belum lama ini. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PEMALANG - Satgas Covid-19 Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, mencatat, 278 orang terkonfirmasi Covid-19 di wilayah tersebut berstatus karyawan perusahaan.

Hal tersebut dikatakan Juru bicara Satgas Covid-19 Pemalang, Tutuko Raharjo, saat dihubungi Tribunbanyumas.com, Jumat (20/11/2020).

"Melanjutkan tracing dan testing sampai pekan kedua November 2020. Satgas Covid-19 kembali melaporkan adanya penambahan penemuan kasus baru Covid-19 sebanyak 278 orang dan lima orang di antaranya meninggal dunia," kata Jubir Covid-19 Tutuko.

Baca juga: Gedung Korpri Belum Siap, Karyawan Pabrik Positif Covid-19 di Purbalingga Jalani Isolasi di Kos

Baca juga: 80 Pedagang Pasar Sidoharjo Wonogiri Positif Covid-19, Melonjak Hanya Dalam Sepekan

Baca juga: Seorang Pejabat di Bappeda Klaten Meninggal Berstatus Positif Covid-19

Baca juga: Kabar Baik, Calon Vaksin Covid-19 Buatan Oxford Tak Menimbulkan Efek Samping bagi Lansia

Tutuko mengungkapkan, lonjakan pasien Covid-19 itu berasal dari klaster perusahaan yang ada di Pemalang.

Menurutnya, kasus ini bermula dari seorang karyawan yang diketahui terkonfirmasi positif Covid-19. Kemudian, dilakukan tracing dengan uji swab terhadap 76 karyawan, hasilnya, 26 orang terkonfirmasi Covid-19.

"Kemudian, dilakukan lagi tracing susulan dan ditemukan 19 orang lagi yang positif terinfeksi virus corona. Penambahan-penambahan itu, ditindaklanjuti Satgas Covid-19 Pemalang kemudian menggelar uji swab massal terhadap 726 karyawan. Hasilnya, ditemukan lagi 268 orang yang dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19," ujarnya.

Saat disinggung mengenai karyawan yang terkonfirmasi dari perusahaan mana, pihaknya tidak menjelaskan hal tersebut.

Terkait temuan ini, Satgas Covid-19 merekomendasikan penutupan sementara perusahaan hingga 22 November 2020 dan melakukan penyemprotan disinfektan di perusahaan.

"Dari hasil identifikasi, orang-orang yang terkonfirmasi Covid-19 itu masuk orang-orang tanpa gejala. Selain itu, kami juga memastikan, satgas kecamatan atau desa untuk monev isolasi mandiri para pasien melalui Jogo Tnggo," ujarnya.

Baca juga: Alhamdulillah, Subsidi Gaji Termin II bagi Pekerja Swasta di Banyumas Mulai Disalurkan

Baca juga: Prajurit TNI Turunkan Baliho Bergambar Rizieq Shihab, Pangdam Jaya: Itu Perintah Saya

Baca juga: Pemkab Klaten Suplai Pakan Ternak Pengungsi Merapi, Disiapkan 3 Ton Konsentrat Per Pekan

Baca juga: Sempat Muncul Tawaran Ganti Rugi Rumah, Begini Akhir Kasus Kecelakaan Ayla Vs Honda CBR 1000 RR SP

Berdasarkan data https://infocorona.pemalangkab.go.id/ pada Kamis (19/11/2020) pukul 07.48 WIB, total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Pemalang mencapai 999 kasus.

Rinciannya, jumlah orang dalam pantauan (ODP) di Kabupaten Pemalang ada 5.563 orang, 5.529 orang selesai pemantauan, dan 334 orang dalam pemantauan.

Jumlah untuk pasien dalam pengawasan (PDP) ada 975 orang, dengan rincian 848 orang sudah pulang dan sehat, 92 orang dalam pengawasan, serta 35 orang meninggal dunia.

Sedangkan kasus positif Covid-19 ada 999 orang, dengan 64 orang meninggal dunia, 554 orang sembuh, 381 orang masih dirawat. (*)

Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved