Breaking News:

Berita Nasional

Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Presiden: Untuk Tingkatkan Martabat Bangsa

Indonesia secara resmi mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 dan harus bersaing dengan India, China, dan Korea.

KONTAN
Ilustrasi Olimpiade 2020 di Tokyo. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Indonesia secara resmi mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Dalam proses pencalonan ini, Indonesia harus bersaing dengan sejumlah negara.

Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo saat membuka rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (4/11/2020).

"Untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, kita harus bersaing dengan Australia, dengan Jerman, dengan unifikasi Korea, dengan Qatar, dengan RRT (Republik Rakyat Tiongkok), dan India," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, kesuksesan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games tahun 2018 lalu semestinya meningkatkan kepercayaan diri Tanah Air dan dapat membuka mata dunia bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik dalam ajang internasional.

Baca juga: Olimpiade 2020 Resmi Ditunda Buntut Pandemi Global Virus Corona, Begini Reaksi Para Atlet

Baca juga: HARI INI, 28 Tahun Lalu, Susi Susanti Raih Medali Emas Olimpiade Pertama Indonesia

Baca juga: Daftar Atlet Indonesia yang Sudah Memastikan Lolos Olimpiade Tokyo 2020

Namun demikian, kata Jokowi, menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 bukan merupakan ajang "gagah-gagahan".

"Tapi, salah satu cara untuk meningkatkan citra dan martabat bangsa," ujarnya.

Pencalonan ini, lanjut Jokowi, dapat menjadi momentum menata diri dan memperbaiki berbagai hal yang selama ini masih kurang.

Mulai dari penyiapan infrastruktur keolahragaan, peningkatan prestasi atlet, hingga kemampuan visibilitas global sebagai kota penyelenggara.

Meski begitu, International Olympic Committee (IOC) telah menetapkan norma baru terkait penyelenggaraan Olimpiade 2032, yakni tuan rumah diminta lebih sederhana dan hemat biaya.

Hal ini pun disambut baik oleh pemerintah Indonesia.

"Kelihatannya, filosofi yang baru ini, olimpiade bukan lagi untuk menunjukkan biar kemewahan tetapi sejauh mana kreativitas, inovasi itu bisa dilakukan dalam menimplementasikan norma baru yang diharapkan lebih hemat biaya dan lebih sederhana," kata Jokowi.

Berdasar timeline yang telah ditetapkan IOC, proses seleksi akan dimulai selambat-lambatnya tahun 2023. Sementara, penetuan tuan rumah ditetapkan pada 2024.

Baca juga: Sempat Tak Diunggulkan, Petaruh Kini Jagokan Donald Trump Menangi Pilpres AS

Baca juga: Panjat Tebing dan Petanque Bakal Masuk Cabor yang Diperlombakan di Popda 2021 Banyumas

Baca juga: 26 Pemain Lolos Seleksi Garuda Select Jilid 3, Bakal Diboyong ke Inggris

Baca juga: Unggul Tipis 3-2 dari Inter Milan, Real Madrid Naik Peringkat Dua di Grub B Liga Champios

Jokowi pun meminta agar peta jalan (roadmap) pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 betul-betul disiapkan secara baik.

"Saya minta, roadmap pencalonan kita untuk tuan rumah (Olimpiade) 2032 ini betul-betul disiapkan dengan baik," kata dia. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mencalonkan Diri sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032, Ini Pesaing Indonesia".

Editor: rika irawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved