Breaking News:

Berita Video

Video 1.000 Personel Siaga Antisipasi Bencana di Banyumas

Pihaknya menyampaikan bahwa ada tiga potensi bencana utama di Banyumas saat musim hujan, yaitu rawan bencana angin puting beliung, longsor, dan banjir

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: Abduh Imanulhaq

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Berikut ini video 1.000 personel siaga antisipasi bencana di Banyumas

Pemerintah Kabupaten Banyumas (Pemkab) Banyumas bersama Polres, Kodim 0701 Banyumas, dan sejumlah relawan, menggelar apel kesiapsiagaan bencana di Markas Kodim 0701, Senin (26/10/2020).

Tak hanya memastikan kesiapan personel, pemkab juga mulai memetakan daerah rawan bencana.

Akhir-akhir ini, di wilayah Kabupaten Banyumas sering turun hujan dengan intensitas ringan, sedang, hingga lebat.

Hal ini dipengaruhi satu di antaranya, fenomena La Nina yang meningkatkan curah hujan.

La Nina merupakan anomali sistem global yang cukup sering terjadi dengan periode ulang, berkisar antara dua sampai tujuh tahun.

"Kami menyesuaikan lewat pembentukan tujuh posko bencana yang tersebar di beberapa titik, yaitu di Kecamatan Tambak, Lumbir, Pekuncen, Sokaraja, Baturraden, Purwokerto Selatan, Sumbang, dan Kantor BPBD," ujar Kepala BPBD Kabupaten Banyumas Titik Puji Astuti, seusai apel siap siaga bencana di Makodim 0701 Banyumas.

Pihaknya menyampaikan bahwa ada tiga potensi bencana utama di Banyumas saat musim hujan, yaitu rawan bencana angin puting beliung, longsor, dan banjir.

"Ada 11 titik potensi longsor, di antaranya di Kecamatan Pekuncen, Tambak, Kedungbanteng. Kemudian, banjir ada tujuh titik, di antaranya di Kemranjen, Tambak, Sumpiuh, Rawalo, Karangklesem. Sementara, angin puting beliung biasa terjadi di Cilongok dan Pekuncen," jelasnya.

Titik mengatakan, secara keseluruhan, ada 1.000 personel yang disiagakan untuk mengantisipasi datangnya bencana tersebut. Mereka terdiri dari anggota BPBD, TNI, Polri, dan relawan.

"Anggaran yang kami tambahkan sebagai persiapan, sekitar Rp 2 miliar dari total Rp 4 miliar," ujarnya.

Karena masih dalam suasana pendemi Covid-19, dia pun meminta warga tetap mematuhi protokol kesehatan, utamanya pemakaian masker. (Tribunbanyumas/jti)

Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved