Breaking News:

Berita Purbalingga

Personel Tanggap Bencana Disiagakan, Berikut Peta Daerah Rawan Banjir dan Longsor di Purbalingga

Apel kesiagaan mengantisipasi penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Purbalingga digelar di jalan lingkar alun-alun, Selasa (27/10/2020).

Penulis: khoirul muzaki | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/KHOIRUL MUZAKI
Forkopimda Purbalingga foto bersama seuisa menigkuti apel kesiagaan bencana di komplek Alun-alun Purbalingga, Selasa (27/10/2020). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURBALINGGA - Apel kesiagaan mengantisipasi penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Purbalingga digelar di jalan lingkar alun-alun, Selasa (27/10/2020) pagi.

Apel ini diikuti Frokompinda, TNI, Polri, Basarnas, BPBD, ORARI, PMI, DPU, dan Pramuka.

Kegiatan tersebut sekaligus menjadi ajang koordinasi antara pemerintah daerah, ormas, serta seluruh lapisan masyarakat dalam penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Komandan Kodim 0702/Purbalingga Letkol Inf Decky Zulhas berharap, seluruh komponen terkait, lebih proaktif memantu perkembangan situasi daerah rawan bencana alam di Kabupaten Purbalingga.

Wilayah Kabupaten Purbalingga merupakan daerah rawan bencana alam karena kondisi geografinya. Masyarakat juga diminta terus menjaga lingkungan dan sumber daya alam yang ada agar lingkungan tidak rusak.

"Dua bencana alam yang sering mengancam Purbalingga berupa banjir dan tanah longsor karena memang letak geografisnya sangat menungkinkan terjadi bencana alam tersebut,” katanya, Selasa.

Baca juga: Musim Hujan Datang, Berikut Peta Potensi Bencana di Banyumas: 11 Kecamatan Rawan Longsor

Baca juga: Gubernur Ganjar Klaim Jateng Sudah Susun Peta Bencana, Hadapi Musim Penghujan Hingga Maret 2021

Baca juga: Warga Cilacap Diimbau Terus Mewaspadai Banjir, BMKG Sebut Hujan Masih Sering Terjadi Akibat La Nina

Baca juga: Siapkan Payung, Hujan Diperkirakan Turun di Purwokerto dan Purbalingga Malam Ini

Di Kabupaten Purbalingga, terdapat sejumlah wilayah yang perlu mendapatkan perhatian serius, terutama wilayah rawan tanah longsor.

Daerah tersebut di antaranya Kecamatan Karangreja, Karangjambu, Bobotsari, Karanganyar, Kertanegara, Karangmoncol, Rembang, dan sebagian wilayah di Kecamatan Kaligondang, Mrebet dan Kutasari.

Tak hanya rawan longsor, beberapa wilayah rawan banjir juga turut dipetakan. Daerah tersebut di antaranya Kecamatan Kemangkon, Kaligondang, sebagian wilayah Kecamatan Karanganyar, dan Karangmoncol.

Serta, hampir semua wilayah Kabupaten Purbalingga berpotensi terjadi bencana alam berupa angin ribut dan puting beliung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved