Berita Purbalingga

Wayang Suket Purbalingga Jadi WBTB Tingkat Nasional, Ini Tugas Badriyanto Sebagai Pewaris

Wayang suket satu dari tiga jenis WBTB yang diajukan Pemkab Purbalingga untuk bisa ditetapkan sebagai WBTB tingkat nasional.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: deni setiawan
ISTIMEWA
Badriyanto pengrajin wayang suket asal Kabupaten Purbalingga bersama karyanya. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, GROBOGAN - Tim Ahli Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) menetapkan wayang-suket' title=' wayang suket'> wayang suket Purbalingga sebagai WBTB Tingkat Nasional Tahun 2020 secara virtual.

Ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri, terutama Badriyanto selaku pewaris wayang-suket' title=' wayang suket'> wayang suket dari Desa Wlahar, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga.

Ditetapkannya wayang-suket' title=' wayang suket'> wayang suket sebagai WBTB Tingkat Nasional ini tidak lepas dari peran Pemkab Purbalingga serta pengrajin wayang-suket' title=' wayang suket'> wayang suket.

Masih Ditemukan Daftar Pemilih Potensi Bermasalah di Purbalingga, Bawaslu: Jumlahnya Capai 2.959

Keberhasilan Susanti, Pengusaha Mikro Purbalingga Beralih Usaha Baru di Tengah Pandemi

Asyik, Bantuan untuk UMKM di Purbalingga Sudah Mulai Cair, Disalurkan Melalui BRI

Kisah Heroik Usman dan Harun, Pahlawan Asal Purbalingga yang Mati Digantung di Penjara Singapura

Sebagai warisan budaya, wayang-suket' title=' wayang suket'> wayang suket harus dilestarikan agar keberadaannya tidak punah.

Ini sekaligus menjadi konsekuensi atas ditetapkannya wayang-suket' title=' wayang suket'> wayang suket sebagai WBTB.

Kabid Kebudayaan Dindikbud Kabupaten Purbalingga, Rien Anggraeni mengatakan, pihaknya bersama pengrajin serta dinas terkait bertanggung jawab melestarikan wayang-suket' title=' wayang suket'> wayang suket.

"Dan perlu adanya pengembangan agar wayang-suket' title=' wayang suket'> wayang suket jangan sampai punah atau mati," katanya kepada Tribunbanyumas.com, Sabtu (10/10/2020).

Rien mengatakan, apabila wayang-suket' title=' wayang suket'> wayang suket sampai punah, SK ditetapkannya wayang-suket' title=' wayang suket'> wayang suket sebagai WBTB akan dicabut oleh pemerintah.

Karenanya ia berpesan, khususnya bagi Badriyanto atau pewaris tunggal wayang-suket' title=' wayang suket'> wayang suket dari Mbah Gepuk agar dapat mengembangkan wayang-suket' title=' wayang suket'> wayang suket.

Wayang suket satu dari tiga jenis WBTB yang diajukan Pemkab Purbalingga untuk bisa ditetapkan sebagai WBTB tingkat nasional.

Selain wayang-suket' title=' wayang suket'> wayang suket, ada juga nopia dan soto kriyik yang diusulkan Pemkab Purbalingga.

Sayang keduanya belum lolos karena masih ada kekurangan terkait makna budayanya.

Dindikbud Kabupaten Purbalingga tidak asal memilih warisan budaya yang akan diusulkan.

Ada persyaratan yang harus dipenuhi agar warisan budaya bisa ditetapkan sebagai WBTB tingkat nasional.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved