Breaking News:

Debat Cawapres AS: Kamala Harris Olok-olok Kebijakan Trump Tangani Pandemi Covid-19

Calon wakil presiden AS Kamala Harris mengolok-olok Presiden Donald Trump sebagai kegagalan bersejarah, dalam penanganannya terhadap pandemi Covid-19.

Kompas.com/AP Photo/Morry Gash
Calon wakil presiden (cawapres) dari Partai Demokrat Kamala Harris mengungkapkan pendapatnya dalam debat cawapres AS, Rabu (7/10/2020) waktu setempat, di Kingsbury Hall di kampus University of Utah, Salt Lake City, Utah, AS. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, SALT LAKE CITY - Calon wakil presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris mengolok-olok Presiden Donald Trump sebagai kegagalan bersejarah, dalam penanganannya terhadap pandemi Covid-19.

Dalam debat cawapres AS yang berlangsung Rabu (7/10/2020) malam waktu setempat itu, Kamala Harris menyebut buruknya penanganan virus corona dari Trump membuatnya tak layak terpilih lagi di periode kedua.

Namun, berbeda dari debat pertama capres AS yang kacau dan penuh interupsi, debat cawapres ini berlangsung lebih damai dan tertib.

Harris yang merupakan cawapres dari Partai Demokrat menghujani serangan ke penanganan Trump terhadap virus corona di AS, yang telah menewaskan lebih dari 210.000 orang, terbanyak di seluruh dunia.

"Rakyat Amerika telah melihat kegagalan terbesar dari pemerintahan kepresidenan mana pun dalam sejarah negara kita," kata Senator California itu dikutip dari AFP.

Debat Pertama Capres AS: Joe Biden Serang Trump yang Tak Percaya Bahaya Covid-19

Kurang Sehari Jalani Isolasi Covid-19, WNI di Korea Selatan Melarikan Diri dari Rumah Karantina

Rusia Klaim Sukses Uji Coba Rudal Jelajah Anti-Kapal Hipersonik

Mantan jaksa penuntut tersebut melanjutkan, "Dan sejujurnya, pemerintahan ini telah kehilangan hak mereka untuk dipilih lagi berdasarkan ini," ujar Harris di hadapan peserta yang berjumlah terbatas dan memakai masker di Universitas Utah.

Wanita keturunan India-Jamaika itu mengatakan, Trump memperlakukan personel kesehatan garis depan sebagai "pekerja tumbal".

Ia merujuk pada pernyataan Trump sendiri kepada jurnalis Bob Woodward, dan menuduh Gedung Putih tidak bergerak cepat meski mengetahui risiko Covid-19.

"Presiden bilang, itu hoaks. Mereka meminimalkan keseriusannya," ujar cawapres Joe Biden tersebut.

Satu-satunya debat cawapres AS ini termasuk rangkaian seri debat presidensial jelang pilpres AS 3 November mendatang.
Apabila Demokrat menang, Harris akan menjadi wapres Afrika-Amerika dan Asia-Amerika pertama di "Negeri Paman Sam". (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Debat Cawapres AS, Kamala Harris Olok-olok Trump "Kegagalan Bersejarah"". 

Didatangi Ganjar di Mapolrestabes Semarang, Buruh Ini Mengaku Takut Tak Dapat Pesangon saat Di-PHK

8 Bulan Tak Balapan, Jorge Lorenzo Kehilangan Kecepatan saat Menguji Coba Sirkuit

Bingung Bikin Sarapan Hari Ini? Coba Mi Goreng Ala Hong Kong yang Mudah Dibuat. Berikut Resepnya

Editor: rika irawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved