Breaking News:

Berita Tegal

Penyidik Polda Limpahkan Berkas Kasus Konser Dangdut di Kota Tegal ke Kejati Jateng

Saat ini, berkas perkara tersebut masih diteliti. Jika ada kekurangan, Kejati Jawa Tengah bakal mengembalikan berkas ke penyidik untuk dilengkapi.

TRIBUNBANYUMAS/M ZAINAL ARIFIN
Asisten Intelijen Kejati Jawa Tengah, Emilwan Ridwan. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, SEMARANG - Penyidik Polda Jawa Tengah telah melimpahkan tahap I berkas perkara kasus konser dangdut yang digelar Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Edi Susilo, ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah, Kamis (1/10/2020).

Saat ini, berkas perkara tersebut masih diteliti. Jika ada kekurangan dalam berkas, Kejati Jawa Tengah bakal mengembalikan berkas ke penyidik untuk dilengkapi.

"Iya, berkas diterima kemarin, 1 Oktober, dan masih diteliti jaksa. Ada tiga jaksa yang meneliti," kata Asisten Intelijen Kejati Jawa Tengah, Emilwan Ridwan, saat dikonfirmasi, Jumat (2/10/2020).

Diperiksa 5 Jam, Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Akui Abaikan Perintah Batalkan Konser Dangdut

Jadi Tersangka, Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Hanya Dikenai Wajib Lapor

Kadernya Jadi Tersangka, DPD Golkar Jateng Siap Beri Bantuan Hukum ke Wakil Ketua DPRD Kota Tegal

Dikatakannya, sesuai ketentuan Pasal 138 KUHAP, setelah menerima berkas perkara dari penyidik, Jaksa Penuntut Umum (JPU) segera mempelajari dan meneliti berkas perkara.

Dan dalam waktu tujuh hari, JPU harus memberitahukan kepada penyidik apakah berkas perkara sudah lengkap atau belum. Jika belum lengkap maka berkas perkara dikembalikan untuk dilengkapi.

"Beri kesempatan kepada Jaksa untuk mempelajari berkas selama tujuh hari dan ambil sikap," ucapnya.

Kasus konser dangdut tersebut terjadi di Kota Tegal. Meski penanganan penyidikan dilakukan Polda Jawa Tengah dan penuntutan oleh Kejati Jawa Tengah namun persidangan nanti tetap di lakukan di Kota Tegal.

"Sesuai Pasal 84 KUHAP, Pengadilan Negeri (PN) berwenang mengadili perkara tindak pidana yang dilakukan di daerah hukumnya," jelasnya.

Hasil Drawing Liga Champion: Messi dan Ronaldo Langsung Ketemu di Penyisihan Grup G

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 10 Ditutup Siang Ini, Belum Ada Kabar untuk Gelombang 11

Sandiaga Uno Dipastikan Jadi Jurkam Pasangan Gibran-Teguh di Pilkada Solo

Tim Task Force Kemenkes Apresiasi Penanganan Covid-19 di Kebumen

Tak Tahan Sering Dimaki Kapolres, Kasat Sabhara Polres Blitar Ajukan Pensiun Dini

Diketahui, dalam kasus konser dangdut yang digelar di Kota Tegal pada 23 September 2020 telah ditetapkan satu tersangka, yakni penyelenggara yang juga sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Tegal, Wasmad Edi Susilo.

Dalam kasus ini, penyidik tidak menahan Wasmad karena ancaman hukumannya di bawah 5 tahun. Wasmad dijerat Pasal Pasal 93 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 dengan ancaman hukum 4,5 bulan. Selain itu, juga Pasal 216 KUHP yang memiliki ancaman hukuman 1 tahun. (nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved