Breaking News:

Diresmikan Presiden Jokowi Hari Ini, Bandara Yogyakarta Diklaim Tahan Gempa Hingga 8,8 Magnitudo

Presiden Joko Widodo mengatakan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) didesain tahan gempa hingga 8,8 magnitudo dan tsunami 12 meter.

TRIBUNBANYUMAS/Ist
Suasana Bandara YIA Yogyakarta, Senin (1/6/2020). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan, Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) didesain tahan gempa hingga 8,8 maganitudo dan tsunami setinggi 12 meter.

YIA terletak di wilayah pesisir yang berbatasan langsung dengan laut.

"Bandara baru ini didesain memiliki daya tahan terhadap gempa sampai hingga 8,8 skala richter. Tadi Ibu (Kepala) BMKG menyampaikan kepada saya Bu Dwikorita, ini bisa menahan gelombang tsunami hingga ketinggian 12 meter. Insyaallah, ini sudah dirancang untuk ke sana semuanya," kata Jokowi saat meresmikan YIA di Kulon Progo, DI Yogyakarta, Jumat (28/8/2020).

Jokowi pun menilai, YIA merupakan bandara terbaik di Indonesia saat ini.

"Menurut saya, ini (bandara) terbaik saat ini di Indonesia. Enggak tau kalau ada bandara baru lebih baik lagi, enggak tahu," kata Jokowi lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Rute Penerbangan Internasional di Bandara Yogyakarta Bakal Dibuka Lagi Mulai 16 Agustus 2020

Kondisi Kesehatannya Menurun, PM Jepang Shinzo Abe Bakal Mundur

Penyidik KPK Novel Baswedan Positif Covid-19

Jika Sudah Siap Pakai, Harga Vaksin Sinovac Produksi Bio Farma Diperkirakan Rp 366.000-Rp 439.000

Ia lantas memuji cepatnya pembangunan bandara YIA yang bisa diselesaikan dalam waktu 20 bulan. Jokowi juga memuji desain arsitektur bandara baru itu.

Selain itu, Presiden memuji Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono yang turut terlibat dalam arsitektur bandara YIA.

"Nah, ini beliau ternyata sangat detail dan sangat mumpuni urusan kearsitekturan dan yang ada di dalam tadi interior semuanya melihat keahlian beliau. Bapak gubernur ini sangat kelihatan sekali dalam desain arsitektur di bandara internasional Yogyakarta ini," ucap Jokowi.

YIA juga memiliki fasilitas lengkap mulai dari landasan pacu sepanjang 3.250 meter sehingga pesawat berbadan besar bisa mendarat di sana.

Selain itu, luas YIA yang mencapai 219.000 meter persegi bisa menampung hingga 20 juta penumpang. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Sebut Bandara YIA Kulon Progo Tahan Gempa dan Tsunami". 

Editor: rika irawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved