Berita Jateng

Tidak Ada Kunjungan Wisatawan Asing ke Jateng Pada Bulan Juni, Sektor Pariwisata Terpukul

Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Jateng melalui pintu masuk Bandara Adi Sumarmo dan Ahmad Yani pada bulan Juni 2020.

Penulis: Ruth Novita Lusiani | Editor: Rival Almanaf
TRIBUN BATAM/Argianto Dihan Aji Nugroho
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan memeriksa kondisi tubuh wisatawan asing menggunakan thermometer usai terdeteksi thermal scan mengalami peningkatan suhu badan di Pelabuhan Internasional Batam Center, Batam, Selasa (28/1). Meningkatnya warga negara china yang terdeteksi virus corona di Singapura membuat pengawasan terhadap lalulintas warga negara asing maupun WNI diperketat untuk mencegah masuknya virus corona ke Indonesia. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, SEMARANG - Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Jateng melalui pintu masuk Bandara Adi Sumarmo dan Ahmad Yani pada bulan Juni 2020 tercatat tidak ada atau nol kunjungan.

 “Kondisinya sama atau tidak mengalami perubahan dibandingkan bulan Mei 2020 yang juga tidak ada atau nol kunjungan,” ungkap Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng, Sentot Bangun Widoyono dalam rilis online melalui Youtube, beberapa waktu lalu.

 Menurutnya hal ini terjadi dikarenakan masih tidak adanya penerbangan internasional.

Diduga Konsleting listrik Satu Rumah di Pekalongan Terbakar

Anakku Juga Anak Ayahku, Seorang Pria Cabuli Anak Tirinya hingga Hamil

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Minus 5,32 Persen, Apindo: Kita Pernah Alami Kondisi yang Lebih Buruk

Daftar Ponsel Harga Rp 2 Jutaan Bulan Agustus 2020

 Apabila dibandingkan, kunjungan wisman ke Jateng selama semester pertama 2020 dengan semester pertama 2019, mengalami penurunan 51,89 persen.

 Sementara itu untuk tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di Jateng pada bulan Juni 2020 tercatat sebesar 17,64 persen, mengalami kenaikan sebesar 6,81 poin dibanding TPK bulan Mei yang tercatat sebesar 10,83 persen.

 Namun apabila dibanding periode yang sama di tahun 2019 maka TPK Juni 2020 mengalami penurunan sebesar 31,49 poin.  

 “Untuk TPK bulan Juni 2020 tertinggi terjadi pada hotel bintang 2 yaitu sebesar 20,82 persen dan terendah hotel bintang 5 sebesar 13,40 persen,” terang Sentot.

 Sementara itu untuk rata-rata lama menginap (RLM) tamu hotel bintang pada bulan Juni 2020 tercatat sebesar 1,28 malam, turun 0,02 poin dibanding bulan Mei yang tercatat sebesar 1,30 malam.

 Adapun pada bulan Juni 2020, RLM mancanegara tercatat sebesar 2,18 malam, mengalami penurunan sebesar 0,97 poin dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 3,16 malam.

 Sedangkan untuk RLM domestik tercatat 1,28 malam, mengalami penurunan dibandingkan dengan periode Mei 2020 yang tercatat sebesar 1,30 malam. (Ute)

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved