Iduladha 2020

Butuh 18 Petugas untuk Merobohkan Sapi Kurban Jokowi di Masjid Mangkunegaran Solo

18 orang berjuang merobohkan sapi kurban Presiden Jokowi saat penyembelihan hewan kurban di Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo, Jumat (31/7/2020).

TRIBUNBANYUMAS/AGUS ISWADI
Petugas saat berupaya merobohkan sapi kurban milik Jokowi di Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo, Jumat (31/7/2020). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, SOLO - Sebanyak 18 orang berjuang merobohkan sapi kurban dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat penyembelihan hewan kurban di Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo, Jumat (31/7/2020).

Dari pantauan di lokasi, terlihat warga sekitar berdatangan ingin melihat prosesi penyembelihan hewan kurban, terutama sapi jenis limosin pemberian dari Jokowi.

Sapi tersebut merupakan hewan kurban keempat yang diberikan Jokowi untuk perayaan Iduladha 1441 Hijriah di Masjid Al Wustho.

Terlihat 18 orang yang tergabung dalam remaja masjid harus berjuang merobohkan dan mengangkat sapi milik Jokowi ke tempat penyembelihan. Secara keseluruhan, mulai dari merobohkan hingga menyembelih sapi, petugas membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Gubernur Anies Baswedan Sumbang Sapi Limosin untuk Teman KKN di Ajibarang Banyumas

Petugas Cek Penyembelihan Hewan Kurban di Banyumas, Sasarannya Hati Sapi

Sekretaris Takmir Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo, Purwanto menyampaikan, sapi jenis limosin itu memiliki berat 930 Kg. Sampai saat ini, Jokowi telah berkurban sapi sebanyak empat kali.

"Hewan kurban, total sampai saat ini ada lima sapi dan 14 kambing. Jumlah itu sama dengan hewan kurban tahun lalu. Nanti, dagingnya dibagikan ke 750 penerima," katanya kepada Tribunbanyumas.com.

Ketua Panitia Kurban, Muhammad Isnaini Sholichin mengungkapkan, jika dibandingkan dengan penyembelihan hewan kurban milik Jokowi pada tahun lalu, penyembelihan sapi limosin kali ini terbilang lancar dan sukses.

Meskipun, membutuhkan banyak orang untuk merobohkan dan mengangkat sapi itu ke tempat penyembelihan.

"Butuh banyak orang karena di sekitar lokasi penyembelihan banyak orang, sapi kelihatan tidak nyaman. Jadi, butuh banyak tenaga," ujarnya.

Selain itu, sapi milik Jokowi merupakan hewan kurban urutan keempat yang disembelih oleh petugas.

Menurutnya, akan lebih cepat apabila sapi Jokowi disembelih pada urutan pertama karena tenaga belum banyak terkuras.

"Ini butuh sekitar 20 menit, mulai perobohan hingga penyembelihan," ungkap Isnaini.

Sebelumnya, Jokowi menyerahkan dua ekor hewan kurban saat perayaan Iduladha 1441 Hijriah di Kota Solo. Sapi jenis limosin itu, masing-masing diserahkan sebagai hewan kurban di Masjid Agung Solo dan Masjid Al Wustho Mangkunegaran Solo.

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Al Wustho dilakukan setelah dilaksanakannya salat Iduladha.

Sedangkan penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Solo akan dilaksanakan pada Sabtu (1/8/2020). (ais)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved