Breaking News:

Berita Banjarnegara

Lima Polisi Polres Wonosobo Jadi Ikon Bhabinkamtibmas, Mulai dari Si Cerdas Hingga Si Agamis

Lima anggota Polres Wonosobo dikukuhkan sebagai ikon Bhabinkamtibmas di komplek Bukit Sikunir, Desa Sembungan Kecamatan Kejajar, Jumat (24/7/2020).

TRIBUNBANYUMAS/Ist
Pengukuhan lima ikon Bhabinkamtibmas Polres Wonosobo di bukit Sikunir, Jumat (24/7/2020). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, WONOSOBO - Lima anggota Polres Wonosobo dikukuhkan sebagai ikon Bhabinkamtibmas. Mereka dikukuhkan di komplek Bukit Sikunir, Desa Sembungan Kecamatan Kejajar, Jumat (24/7/2020).

Pengukuhan ikon Bhabinkamtibmas ini ditandai pemakaian helm "Pak Bhabin" kepada lima Bhabinkamtibmas pilihan se-Polres Wonosobo.

Mereka yang terpilih tentunya bukan polisi sembarangan, melainkan memiliki dedikasi tinggi untuk masyarakat.

Ada Brigadir Indra Susanto, Bhabinkamtibmas Desa Karangluhur, Kecamatan Kertek, yang didapuk sebagai Bhabinkamtibmas Cerdas. Ia memiliki inovasi pelayanan ke masyarakat setelah membuat perpustakaan keliling.

Adapun ikon Bhabinkamtibmas Agamis diberikan kepada Bripka Farod Cisyono, Bhabinkamtibmas Desa Wonokromo, Kecamatan Mojotengah. Selain bertugas sebagai polisi, ia dikenal pandai melantunkan ayat-ayat Al Quran, mengisi pengajian, hingga mengajar di pondok pesantren.

Ada pula Bhabinkamtibmas Desa Wonosari, Kecamatan Kalikajar, Aipda Budi Santoso yang terpilih sebagai Bhabinkamtibmas Negosiator. Aipda Budi dianggap berhasil menjadi negosiator setelah berhasil mendamaikan tawuran di Desa Wonosari, Kecamatan Kalikajar.

Sedangkan Aipda Parito yang bertugas di Desa Lipursari, Kecamatan Leksono, terpilih sebagai Bhabinkamtibmas Dedikasi.

Lalu, untuk Bhabinkamtibmas Inovatif, terpilih Brigadir Fendi Tri Wibowo, Bhabinkamtibmas Desa Damarkasiyan, Kecamatan Kertek. Ia dianggap mampu berinovasi membuat pakan ternak fermentasi dan kebun percontohan tanaman rami.

Kasat Binmas Polres Wonosobo Iptu Suwandi mengungkapkan, pengukuhan lima ikon Bhabinkamtibmas ini bertujuan untuk semakin mendekatkan Polri di tengah masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan satu program unggulan kapolda Jateng, yaitu pembentukan Bhabinkamtibmas Candi," katanya. Candi yang dimaksud singkatan dari Cerdas, Agamis, Negosiator, Dedikasi, dan Inovatif.

Kasubdit Binpolmas Ditbinmas Polda Jateng AKBP Bambang Purwadi mengatakan, tujuan utama program ini adalah untuk menunjukkan Polri benar-benar hadir di tengah masyarakat hingga ke tingkat desa.

Ke depan, diharapkan, semua Bhabinkamtibmas memiliki kemampuan Candi ini.

"Namun, jika tidak bisa semuanya, setidaknya memiliki satu di antara kemampuan itu," katanya. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved