Breaking News:

Teror Virus Corona

Harus Jadi Warga Bandung Dulu, Syarat Menjadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19 dari China

Harus Jadi Warga Bandung Dulu, Syarat Menjadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19 dari China

Shutterstock via Kompas.com
Ilustrasi vaksin virus corona - Harus warga Bandung, merupakan syarat menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19 dari China, yang diujicobakan di Bandung. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, BANDUNG - Relawan uji klinis vaksin Covid-19 dari China, yang dilakukan di Bandung, Jawa Barat, harus merupakan warga setempat.

Hal ini untuk memudahkan proses uji klinis yang memakan waktu cukup panjang dan membutuhkan pengawasan yang ketat.

Universitas Padjadjaran bersama BUMN Biofarma akan segera melakukan uji klinis calon vaksin Covid-19 yang akan disuntikkan kepada 1.620 orang.

Penelitian akan dilakukan pada awal Agustus 2020 mendatang setelah mendapatkan izin penelitian dari Komite Etik Penelitian Universitas Padjadjaran (Unpad).

Pertama di Dunia, Rusia Klaim Vaksin Covid-19 Berhasil Uji Klinis: Aman dan Dapat Diandalkan

5 Institusi Gunakan Rekening Pribadi, Termasuk Kemenag, KPK: Kami akan Dalami Laporan BPK

Rekor Harian Angka Kematian Covid-19, Hari Ini 139 Pasien Corona Meninggal dalam 24 Jam

Pandemi Belum Berakhir, Jokowi Bubarkan Gugus Tugas Covid-19, Bagaimana Nasib Penanganan Corona?

Ketua Tim Penelitian uji Klinis tahap tiga calon Vaksin Covid-19 dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Profesor Kusnandi Rusmil mengatakan, setelah kabar rencana uji klinis calon vaksin Covid-19 tahap tiga kepada manusia beredar, pihaknya menerima banyak telepon dari orang-orang yang bersedia untuk menjadi relawan penelitian.

"Dari luar kota Bandung, dokter-dokter banyak yang nanya kepingin ikut," ungkap Kusnandi saat konferensi pers di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad Jalan Prof Eyckman, Kota Bandung, Rabu (22/7/2020).

Selain dokter dan tim medis, Kusnandi mengatakan banyak pula pejabat bank yang ingin menjadi relawan penelitian uji klinis calon vaksin Covid-19.

"Direktur-direktur bank banyak yang mau ikut, enggak bohong saya."

"Saya katakan hanya yang tinggal di Kota Bandung. Kalau mau ikut, pindah dulu jadi warga Kota Bandung. Yang di Jakarta Saya tolak," tuturnya.

Penelitian berlangsung 6 bulan

Kusnandi menjelaskan, alasan harus warga Kota Bandung yang menjadi relawan penelitian uji klinis calon vaksin Covid-19 agar mudah untuk pemantauannya.

"Selama ikut penelitian 6 bulan lebih kita pantau ketat, 3 hari, 5 hari, 14 hari, dipantau ketat terus dan ada yang mesti diisi dengan elektronik CRF."

"Harus rutin juga lapor ke puskesmas yang sudah dilatih," bebernya.

Kusnandi menambahkan, uji klinis menyuntikkan calon vaksin Covid-19 harus melalui persetujuan Komite Etik Penelitian Universitas Padjadjaran.

"Dalam hal melakukan penelitian harus mengikuti kaidah penelitian yang berlaku setelah dapat izin dari Komite Etik," tandasnya.

Produksi diperkirakan awal tahun depan

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved