Berita Nasional

Rantis Maung 4x4 Pesanan Prabowo Ternyata Pakai Mesin dan Sasis Hilux, Bagaimana Tanggapan Toyota?

Rantis Maung 4x4 Pesanan Prabowo Ternyata Pakai Mesin dan Sasis Hilux, Bagaimana Tanggapan Toyota?

Istimewa/Dok. PT Pindad (Persero)
Penampakan rantis ringan Maung 4x4, yang merupakan produksi dalam negeri oleh PT Pindad (Persero). Menhan Prabowo memesan 500 unit rantis Maung 4x4, dengan harga satuan per unit mencapai Rp600 juta. Rantis ringan produksi BUMN ini ternyata menggunakan sasis dan mesin Toyota Hilux. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, BANDUNG - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, memborong kendaraan taktis ( rantis) ringan terbaru garapan PT Pindad (Persero), yang diberi nama Maung 4x4.

Prabowo memesan 500 unit Maung 4x4, sengan harga setara Rp600 juta per unitnya.

Siapa nyana, rantis-ringan' title=' rantis ringan'> rantis ringan produksi dalam negeri ini ternyata menggunakan sasis dan mesin Toyota Hilux, lalu bagaimana respon Toyota Astra Motor (TAM)?

Gahar! Penampakan Maung 4x4, Rantis Produksi Pindad Seharga Rp600 Juta, Prabowo Pesan 500 Unit

Jokowi Marah, Semprot Menteri dalam Rapat Kabinet: Saya Jengkel, Krisis tapi Dianggap Biasa

66 Jurnalis di Surabaya Positif Covid-19 Dua Meninggal, Ini 3 Hal yang Mendesak Dievaluasi

Sengaja Tabrak Polisi hingga Meninggal di Subang, Pengemudi Mobil Ugal-ugalan Terancam Hukuman Mati

Beda dengan jajaran line-up sebelumnya, model yang di produksi perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini juga akan dipasarkan untuk kalangan sipil.

Seperti diketahui, meski di produksi sendiri, namun beberapa komponen yang digunakan belum sepenuhnya berstatus "made in" Pindad.

Terutama untuk mesin dan sasis yang ternyata masih menggunakan Toyota Hilux.

Menanggapi hal ini, Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pengecekan terkait informasi tersebut.

Namun bila memang hal tersebut untuk mendukung pemerintah, maka Toyota akan mempelajarinya lebih lanjut.

"Iya, saya juga lagi minta kroscek dulu di lapangannya seperti apa. Intinya kalau ada request dari pemerintah untuk support, tentu akan kami pelajari dengan baik," tulis Anton dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Selasa (14/7/2020).

Menhan Prabowo Subianto coba mengendarai rantis ringan Maung 4x4, yang merupakan produksi dalam negeri oleh PT Pindad (Persero). Menhan Prabowo memesan 500 unit rantis Maung 4x4, dengan harga satuan per unit mencapai Rp600 juta.
Menhan Prabowo Subianto coba mengendarai rantis ringan Maung 4x4, yang merupakan produksi dalam negeri oleh PT Pindad (Persero). Menhan Prabowo memesan 500 unit rantis Maung 4x4, dengan harga satuan per unit mencapai Rp600 juta. (Twitter/@Prabowo)

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose, menjelaskan bila memang unit prototipe Maung yang digunakan beberapa waktu dalam sesi pengetesan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, masing menggunakan mesin Hilux.

Diketahui mesin turbo diesel tersebut berkapasitas 2.494 cc dengan transmisi manual enam percepatan dan penggerak empat roda.

Sedangkan untuk tenaga sebesar 149 tk dengan torsi 400 Nm.

"Nantinya semua kita kembangkan sendiri, di luar dari mesin yang masih pakai Toyota."

"Sasis sekarang kita pakai Hilux, namun kita rombak lagi nanti juga kita akan buat sendiri," ucap Abraham.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved