Berita Nasional

Ganjar Meningkat Kalahkan Anies, Prabowo Menurun, Muhaimin 0 Persen: Hasil Survei Elektabilitas

Survei Elektabilitas: Ganjar Meningkat Kalahkan Anies, Prabowo Menurun, Muhaimin 0 Persen. elektabilitas Ridwan Kamil RK naik

Istimewa
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, tengah berada di lokasi banjir rob yang membuat arus lalu lintas jadi macet - Elektabilitas Ganjar terus meningkat, mengalahkan Anies Baswedan. Sementara, elektabilitas Prabowo cenderung terus menurun. 

Kendati Prabowo memiliki elektabilitas tertinggi di dalam survei tersebut, koreksi elektabilitas terhadap Menteri Pertahanan itu mencapai 8,1 persen. Sementara, elektabilitas Ganjar Pranowo mengalahkan Anies Baswedan. Sedangkan elektabilitas Muhaimin Iskandar jeblok, hingga nol persen.

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Di antara 10 tokoh, elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, masih menempati peringkat teratas dalam survei elektabilitas, yang dilakukan Indikator Politik Indonesia.

Namun demikian, dibanding survei sebelumnya, elektabilitas Prabowo jauh menurun.

Sementara, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meningkat, mengalahkan elektabilitas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dari sekitar 1.200 responden yang di survei pada 16-18 Mei 2020, elektabilitas Prabowo hanya 14,1 persen apabila dibandingkan Februari 2020 yang mencapai 22,2 persen.

Cara Mudah Cek Kepesertaan Bansos Covid-19 Melalui Aplikasi, Simak Petunjuk Berikut Ini

Bupati Banjarnegara Singgung Daerah Lain: Kok Bisa Seperti Itu? Pandemi Kami Tetap Membangun

5.613 Pekerja Dirumahkan dan 187 Di-PHK, Imbas Corona di Banyumas

KPU Purbalingga Minta Tambahan Rp 22 Miliar, Pemkab: Beban Kami Terlalu Berat

Kendati Prabowo memiliki elektabilitas tertinggi di dalam survei tersebut, koreksi elektabilitas terhadap Menteri Pertahanan itu mencapai 8,1 persen.

Tren penurunan juga dialami oleh sejumlah elite politisi lain, seperti Anies Baswedan yaitu dari 12,1 persen menjadi 10,4 persen, Sandiaga Uno dari 9,5 persen menjadi 6 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono dari 6,5 persen menjadi 4,8 persen.

Selain itu, Khofifah Indar Parawansa, Mahfud MD, Gatot Nurmantyo, dan Puan Maharani juga mengalami nasib yang sama.

Bahkan, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar yang pada Februari 2020 sempat memiliki elektabilitas 0,3 persen, kini elektabilitasnya 0 persen.

Meski demikian, ada dua tokoh yang justru mengalami peningkatan elektabilitas.

Namun, elektabilitas keduanya belum mampu mengalahkan Prabowo.

"Dukungan pada Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil kini cenderung meningkat dibandingkan temuan Februari lalu," demikian tulis keterangan dalam hasil temuan survei tersebut, dilansir Kompas.com dari laman resmi Indikator, Senin (8/6/2020).

Bila melihat hasil survei, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meningkat dari 9,1 persen pada Februari 2020 menjadi 11,8 persen pada Mei 2020.

Persentase tersebut menempatkan Ganjar di urutan kedua teratas setelah Prabowo, sekaligus mengalahkan Anies.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved