Breaking News:

Berita Pendidikan

Skenario Pemulihan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19, Sekolah Diperkirakan Mulai 15 Juni

Foto yang beredar luas tersebut merupakan bagian dari kajian awal pemerintah dalam menentukan kebijakan pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19.

DOKUMENTASI BNPB
Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono saat memberi keterangan di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Kamis (26/3/2020). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Skenario pemulihan ekonomi di Indonesia mendadak viral, beredar luas di dunia maya akhir-akhir ini.

Foto skenario tersebut menunjukan timeline beroperasinya kembali berbagai sektor.

Foto yang beredar luas tersebut merupakan bagian dari kajian awal pemerintah dalam menentukan kebijakan pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19.

Resmi, Bundesliga Dimulai 16 Mei, Sembilan Laga Digelar Tanpa Penonton

Lion Air Kembali Mengudara 10 Mei, Calon Penumpang Wajib Ikuti Syarat Ini

Bupati Mirna Annisa Geram, Galian C Ilegal Makin Merajalela di Kendal

Guru Ngaji Mestinya Diberi Bantuan Sosial, Ini Alasan DPRD Jateng

"Yang beredar di masyarakat tersebut merupakan kajian awal Kemenko Perekonomian."

"Yang selama ini secara intens melakukan kajian dan kebijakan pemerintah menjelang, selama dan pasca pandemi Covid-19," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono, Kamis (7/5/2020).

Lebih lanjut, Susi menjelaskan kajian dilakukan pemerintah sebagai langkah antisipasi melakukan upaya-upaya yang diperlukan pasca pandemi Covid-19.

Saat ini, Kemenko Perekonomian disebut tengah melakukan pembahasan dengan berbagai kementerian dan lembaga lain untuk mematangkan kajian tersebut.

"Dalam waktu dekat Kemenko Perekonomian akan melakukan finalisasi atas Kajian tersebut, dan akan disampaikan kepada masyarakat," ucapnya.

Berikut isi kajian awal Kemenko Perekonomian tersebut.

1. Fase pertama, yang dilakukan pada 1 Juni 2020 ialah membuka kembali operasional industri dan jasa bisnis ke bisnis (B2B), dengan tetap menerapkan social distancing.

2. Fase kedua yakni pada 8 Juni 2020, toko, pasar, dan mall diperbolehkan beroperasi kembali.

3. Fase ketiga pada 15 Juni 2020, tempat-tempat kebudayaan dan sekolah mulai dibuka kembali dengan tetap menerapkan social distancing dan beberapa penyesuaian.

4. Fase empat pada 6 Juli 2020, difokuskan kepada evaluasi terhadap pembukaan berbagai fasilitas seperti restoran hingga tempat ibadah.

5. Fase lima 20 Juli dan 27 Juli 2020 evalusi fase 4 dan pada akhir Juli atau awal Agustus 2020 diharapkan seluruh kegiatan ekonomi sudah dapat beroperasi dengan normal. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kajian Awal Pemerintah: Mall dan Pasar Buka 8 Juni, Sekolah Mulai 15 Juni"

PSBB Tahap Kedua Diberlakukan, Wali Kota Tegal: Berlangsung Hingga 20 Mei

Saya Ikhlas Kembalikan BLT Rp 600 Ribu Ini, Bupati Banyumas: Ini Benar-benar Luar Biasa

Belasan Warga Kemranjen Banyumas Nyusul Kembalikan BLT Rp 600 Ribu

Pilkada Digelar 9 Desember, KPU Kabupaten Semarang: Kami Sudah Buat Skenarionya

Editor: deni setiawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved