Breaking News:

Berita Semarang

Termasuk Ahmad Yani Semarang, 15 Bandara Angkasa Pura 1 Hentikan Layanan Penerbangan Komersil

15 Bandara di bawah naungan PT Angkasa Pura 1 menghentikan sementara layanan penerbangan komersil mulai Jumat (24/4/2020).

Penulis: Dhian Adi Putranto | Editor: Rival Almanaf
(ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Petugas memantau suhu tubuh penumpang menggunakan alat pemindai suhu tubuh di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (22/1/2020). Alat pemindai suhu tubuh tersebut dipasang Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar sebagai upaya pengawasan dan antisipasi penyebaran Virus Corona yang mewabah dari Wuhan, China. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, SEMARANG - 15 Bandara di bawah naungan PT Angkasa Pura 1 menghentikan sementara layanan penerbangan komersil mulai Jumat (24/4/2020).

Hal itu menindak lanjuti aturan pemerintah pusat yang melarang aktifitas mudik demi mencegah penyebaran Covid19.

15 Bandara yang tidak melayani penerbangan komersil satu diantaranya yakni Bandara Ahmad Yani Semarang.

Penghentian sementara layanan penerbangan komersil itu mulai tanggal 24 April 2020 sampai 1 Juni 2020.

Jadwal Imsak, Buka Puasa dan Salat di Purbalingga Ramadan Hari Pertama, Jumat 24 April 2020

Bocah 4 Tahun Tewas, Diseret dan Dikoyak Kawanan Babi Hutan di Kubangan Sampah

Setop Tidur Setelah Makan! Ini 4 Efek Buruk Tidur Setelah Santap Sahur

Jadwal Acara TV: TRANS TV, TRANS 7, SCTV, RCTI, NET TV, MNC TV, dan GTV - Jumat 24 April 2020

General Manager PT Angkasa Pura 1 Bandara Ahmad Yani Semarang mengatakan meski layanan penerbangan komersil ditutup, pihaknya masih mengoperasikan Bandara Ahmad Yani Semarang.

Pasalnya masih ada layanan penerbangan yang tetap beroperasi, seperti penerbangan angkutan kargo maupun penerbangan khusus lainnya.

"Ada penerbangan yang dikecualikan."

"Seperti penerbangan pimpinan lembaga tinggi negara, tamu kenegaraan dan perwakilan organisasi internasional, penerbangan khusus repatrias, penerbangan untuk operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat, penerbangan kargo menggunakan pesawat konfigurasi penumpang yang dikhususkan untuk pengangkutan kebutuhan medis, kesehatan,sanitasi dan pangan, serta penerbangan lainnya seizin menteri," ujarnya, Kamis (23/4/2020).

Menurutnya pihaknya akan menyediakan konter khusus bagi para penumpang yang telah terlanjur membeli tiket pesawat untuk dapat melakukan refund tiket maupun reschedule penerbangan kepada maskapai.

Namun pihaknya mengimbau agar penumpang untuk menghubungi dahulu kepada pihak maskapai agar tidak terjadi penumpukan antrian di konter pelayanan dalam bandara.

"Masyarakat yang hendak naik pesawat pada periode terbang tersebut, bisa melakukan refund maupun reschedule kepada pihak maskapai."

"Bagi yang hendak melakukannya di bandara, diharapkan menerapkan protokol pencegah Covid19 seperti penerapan physical ditancing dan mengenakan masker," katanya.

Daftar 10 Bocah Ajaib Termuda di Lima Liga Top Eropa, Didominasi dari Ligue 1 Prancis

Pengagum Berat Muhammad Ali, Messi Penuhi Dinding Gym Pribadi dengan Foto-foto Sang Legenda Tinju

Tepis Kabar Kim Jong Un Sakit, Pemerintah Korut Tayangkan Surat Balasan untuk Bashar al-Assad

Pedagang Takjil Diperbolehkan Berjualan, Asal Ikuti Aturan Pemkab Cilacap Ini

Pihaknya pun juga sedang mempersiapkan parking stand ( lokasi parkir) di tiap-tiap bandara bagi para maskapai yang hendak memarkirkan pesawatnya secara longstay (waktu inap lama) selama masa penghentian layanan penerbangan komersil.

Hal itu agar pelayanan penerbangan kargo dan penerbangan yang dikecualikan di Bandara dapat berjalan tanpa ada kendala.

"Kami berharap kebijakan pelarangan mudik ini dapat secara signifikan mencegah penyebaran covid 19 di Indonesia,"pungkasnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved