Breaking News:

Kisah Siti Hajar, Si Perempuan Tangguh. Sehari Panjat 60 Pohon Pinang demi Hidupi 4 Anggota Keluarga

Siti Hajar, Si Perempuan Tangguh. Sehari Panjat 60 Pohon Pinang demi Hidupi 4 Anggota Keluarga. warga Bireun, Aceh itu hidup sangat miskin

KOMPAS.com/RAJA UMAR
Siti Hajar (35) memanjat pohon pinang milik warga di Desa Paloh Mampree, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Kabupaten Bireun, Jumat (31/1/2020). Demi membiayai keluarga, Siti memanjat puluhan pohon pinang dengan rata-rata ketinggian 5-10 meter tiap harinya, dengan upah yang diterima sebagai pemanjat pinang Rp2.000 per batang. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, ACEH - Jangan pernah meragukan ketangguhan perempuan-perempuan Aceh.

Semasa perang kemerdekaan melawan penjajah Belanda, perempuna-perempuan Serambi Mekah turut maju berperang ke medan laga.

Bukan hanya sebagai prajurit, melain memimpin pasukan tempur. Sebut saja dua di antaranya Laksamana Malahayati dan Cut Nyak Dhien.

Saat ini, ketangguhan perempuan Aceh juga teruji. Meski dalam bentuk perjuangan lainnya.

UPDATE: 25 Negara Konfirmasi Virus Corona, 14.380 Kasus dan 304 Tewas

Dansatkor Koarmada II Pimpin Setijab Komandan KRI Nala - 363 dan KRI Hasan Basri - 382

Warga Natuna Tolak WNI Evakuasi dari China, Polda Kepri Kerahkan Brimob: Mereka Suadara Kita Semua

Tim Putri PGN Popsivo Polwan Kandaskan Perlawanan Tim Putri Jakarta BNI 46

Adalah Siti Hajar (35), perempuan tangguh yang hampir saban hari memanjat puluhan pohon pinang --kala musim panen, tentunya--, demi menghidupi empat anggota keluarganya.

Saat musim panen pinang tiba, Siti Hajar (35) selalu dicari-cari warga di tiga desa di Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Kabupaten Bireun, Aceh.

Siti selalu menjadi andalan warga untuk memanjat pohon pinang dan memanen buahnya. Meski seorang perempuan, Siti mengaku bisa memanjat pohon pinang setinggi 5-10 meter.

Siti Hajar (35) sedang mengumpulkan pinang yang telah dia petik dari pohon milik warga lain di Desa Paloh Mampree, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Kabupaten Bireun, Jumat (31/1/2020). Demi membiayai keluarga, Siti memanjat puluhan pohon pinang dengan rata-rata ketinggian 5-10 meter tiap harinya, dengan upah yang diterima sebagai pemanjat pinang Rp2.000 per batang.
Siti Hajar (35) sedang mengumpulkan pinang yang telah dia petik dari pohon milik warga lain di Desa Paloh Mampree, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Kabupaten Bireun, Jumat (31/1/2020). Demi membiayai keluarga, Siti memanjat puluhan pohon pinang dengan rata-rata ketinggian 5-10 meter tiap harinya, dengan upah yang diterima sebagai pemanjat pinang Rp2.000 per batang. (KOMPAS.com/RAJA UMAR)

Luar biasanya lagi, ia mampu memanjat 60 pohon pinang dalam satu hari saat masa panen.

Sedangkan di hari biasa, Siti rata-rata bisa memanjat pohon pinang hingga 20 batang sehari.

"Rata-rata saya mampu panjat 60 batang pinang setengah hari, setelah itu saya urus anak, abang, dan ibu," kata Siti Hajar kepada Kompas.com saat ditemui di rumahnya.

Filipina Laporkan Adanya Korban Tewas Terinveksi Virus Corona. Kematian Pertama di Luar China

Halaman
123
Editor: yayan isro roziki
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved