Breaking News:

Sejumlah Minimarket di Semarang Tak Lagi Sediakan Kantong Plastik

Sejumlah minimarket di Semarang, Jawa Tengah, mulai 1 Januari 2020 tidak boleh lagi menyediakan kantong plastik untuk konsumennya

Editor: muslimah
KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA
Petugas kasir Indomart Jalan Peleburan No.2 Semarang Selatan melayani pembeli dengan tas ramah lingkungan, Jumat (03/01/2020) 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Sejumlah minimarket di Semarang, Jawa Tengah, mulai 1 Januari 2020 tidak boleh lagi menyediakan kantong plastik untuk konsumennya.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) Semarang Nomor 27 Tahun 2019 tentang pengendalian penggunaan plastik yang sudah dikeluarkan sejak Juli 2019.

Perwal menyebutkan pengendalian plastik yang akan dilakukan untuk bahan tidak ramah lingkungan seperti kantong plastik, sedotan plastik, hingga styrofoam.

Aturan ini berlaku juga untuk toko modern, restoran, hotel dan penjual makanan.

Namun, pengecualian dilakukan bagi yang belum bisa menemukan alternatif lain selain plastik.

Pantauan Kompas.com, Indomart Jalan Peleburan Nomor 2 Semarang Selatan sudah tidak lagi menyediakan kantong plastik bagi konsumennya.

Risky Herlambang, karyawan Indomart, mengaku sejak 1 Januari 2020 minimarket tempatnya bekerja tidak lagi menyediakan kantong plastik untuk konsumen.

Bahkan persediaan plastik yang masih tersisa sudah dikembalikan semua.

"Kami sudah tidak lagi memberikan kantong plastik bagi konsumen yang belanja di sini (Indomart). Kalau melanggar nanti kami kena denda.

Soalnya sudah peraturan ya mau bagaimana lagi harus dijalankan," jelas Risky saat ditemui, Jumat (03/01/2020).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved