Breaking News:

Puncak Hujan Meteor Akan Terjadi Pada Sabtu (4/1/2020) Subuh

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengkonfirmasi puncak peristiwa hujan meteor Quadrantid akan terjadi pada Sabtu (4/1/2020) subuh.

Istimewa
Hujan meteor Quadrantid 2009 di Banff National Park in Alberta, Canada 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengkonfirmasi puncak peristiwa hujan meteor Quadrantid akan terjadi pada Sabtu (4/1/2020) dini hari nanti.

Hujan meteor ini adalah hujan meteor besar pertama yang terjadi pada tahun 2020.

Saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (3/1/2020), Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lapan Dr. E. Sungging, M.Si membenarkan informasi tersebut.

"Iya, benar. Ada," jawab Sungging.

Informasi tentang terjadinya fenomena ini juga telah disampaikan melalui sejumlah media sosial Lapan seperti akun Instagram dan Twitter-nya.

Menurut keterangan tertulis Lapan, hujan meteor Quadrantid ini berlangsung antara 12 Desember 2019 hingga 12 Januari 2020 dengan puncaknya terjadi pada 4 Januari 2020.

Hujan meteor Lintasan cahaya yang disebut sebagai meteor muncul akibat adanya gesekan antara atmosfer Bumi dengan meteorid yang datang dari luar bumi.

Gesekan ini menimbulkan panas yang menghancurkan meteorid tersebut dan menghasilkan panas dan cahaya yang muncul dalam bentuk lintasan di langit.

Mengutip keterangan Lapan yang diterima Kompas.com (3/1/2020), peristiwa ini dapat muncul kapan saja dan datang dari daerah mana saja di langit.

Biasanya, fenomena terbakarnya meteorid terjadi pada ketinggian 70 km hingga 100 km dari permukaan bumi.

Halaman
123
Editor: Rival Almanaf
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved