Breaking News:

Dieng

Potensi Longsor Ancam Jalan Provinsi menuju Dieng

Wisatawan yang hendak melakukan perjalanan menuju kawasan wisata Dieng diimbau mewaspadai potensi longsor di sepanjang jalur wisata.

Shutterstock
Kompleks Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Wisatawan yang hendak melakukan perjalanan menuju kawasan wisata Dieng diimbau mewaspadai potensi longsor di sepanjang jalur wisata.

Pasalnya, jalan menuju dataran tinggi itu, baik via Wonosobo maupun Banjarnegara melewati medan perbukitan yang rawan longsor.

Dari arah Wonosobo, titik rawan longsor di jalur wisata Dieng antara lain terdapat di wilayah Kecamatan Kejajar.

Beberapa kejadian longsor pernah terjadi di beberapa titik hingga menutup akses jalur wisata Dieng, semisal di Desa Parikesit dan Desa Kalilembu Kejajar Wonosobo.

Demikian halnya jalur wisata Dieng via Kabupaten Banjarnegara. Terdapat beberapa titik rawan longsor di jalan provinsi menuju Dieng ini. Di antara Kecamatan Karangkobar dan Pejawaran dan Wanayasa.

Di Kecamatan Karangkobar, dua peristiwa longsor besar bahkan pernah melanda hingga sempat memutus akses jalan provinsi, yakni di Desa Paweden pada 2018 dan Dusun Jemblung Desa Sampang yang melenyapkan sebuah kampung pada 2014 silam.

Sementara di Kecamatan Wanayasa, terdapat titik yang kerap terjadi pergerakan tanah, yakni di Desa Wanayasa.

Masyarakat mengenalnya dengan tanjakan Sikelir. Di lokasi itu, longsor sering terjadi hingga menutup badan jalan provinsi yang mengubungkan tiga kabupaten itu Banjarnegara-Pekalongan-Wonosobo.

"Daerah dengan kemiringan 20 persen saja sudah potensi longsor, apalagi lebih,"kata Kepala BPBD Banjarnegara Arief Rahman, (25/12/2019).

Jalan provinsi untuk mengakses Dieng setiap hari padat kendaraan. Pasalnya, selain menjadi jalur wisata menuju Dieng, jalan itu menghubungkan masyarakat antar kecamatan, bahkan antar kabupaten yang bertetangga.

Halaman
12
Editor: Rival Almanaf
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved